Senin, 22 Juli 2013

Yuk, Ramai-ramai Makmurkan Masjid!

www.dpu-online.com
Apa fungsi DKM dan bagaimana cara mengelola keuangan masjid? Pertanyaan demikian dilemparkan salah seorang jamaah masjid al-Hikmah kepada pemateri pelatihan manajemen masjid, Rabu (1/8). Puluhan warga yang sekaligus jamaah masjid al-Hikmah tampak bersemangat mengikuti pelatihan manajemen masjid yang diselenggarakan Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid.

Bertempat di Kampung Cilaja Mawar, Desa Mekarmanik, Cimenyan, bekerja sama dengan dosen dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Acara dimulai dengan salat ashar berjamaah, penyerahan Quran secara simbolis kepada warga, dan diakhiri dengan buka saum bersama.

Selama acara berlangsung, warga tetap bersemangat melemparkan pertanyaan demi pertanyaan. Ada yang masih bingung dengan makna DKM, ada juga yang bertanya masalah kebersihan masjid. Dalam kesempatan tersebut, panitia tak hanya menjelaskan fungsi masjid, tetapi juga menjelaskan cara pengelolaan keuangan dan memakmurkan masjid.

Semua acara ini merupakan rangkaian dari program Cinta Masjidku di bulan Ramadan dan merupkan bagian dari program Zakat Tanda Cinta. Khusus di bulan Ramadan, program Cinta Masjidku berisi kegiatan pelatihan manajemen masjid dan tebar al-Quran setelah sebelumnya masjid itu direnovasi.

Sebelumnya, telah dilaksanakan acara serupa di tujuh daerah di kabupaten dan Kota Bandung. Selama Ramadan 1433H ini, DPU Daarut tauhiid cabang Jawa Barat menyelenggarakan program Cinta Masjidku di 10 daerah yang terdiri atas lima daerah binaan Usaha Ternak Mandiri (UTM) dan lima daerah binaan Misykat. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan masjid-masjid daerah menjadi makmur. Insya Allah! (Astri Rahmayanti/2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar