Sabtu, 20 Juli 2013

Ada 'Pesta Tumpeng' di Tarhib Ramadan

www.dpu-online.com
"Ibu-ibu, siap untuk menghabiskan tumpengnya?!" tanya pemandu acara. Tak berapa lama, terdengar suara riuh rendah bernada girang dari para peserta acara Tarhib Ramadan Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid, yang mayoritas adalah ibu-ibu rumah tangga.  

Sabtu (23/7) pagi, terlihat ratusan ibu-ibu me-ngampar di Dome Sentral V Komplek Pesantren Daarut Tauhiid Bandung. Nuansa riang terasa ketika setiap kelompok menerima bagian nasi tumpengnya. Setelah dilombakan, belasan nasi tumpeng itu pun dihidangkan. Satu tumpeng untuk satu kelompok yang terdiri dari 20 orang. 

Lomba tumpeng ini merupakan salah satu rangkaian dari acara Tarhib Ramadhan. Ratusan peserta yang mengikuti adalah para penerima manfaat program DPU Daarut Tauhiid, yaitu program Microfinance Syariah Berbasis Masyarakat (Misykat), Usaha Ternak Mandiri (UTM), dan penerima program beasiswa SMP Daarut Tauhiid, SMK Daarut Tauhiid, dan mahasiswa (Bea Mandiri). 

Selain lomba tumpeng, diadakan terlebih dahulu Operasi Kebersihan (Opsih) di empat area sekitar Pesantren Daarut Tauhiid. Kegiatan yang melibatkan seluruh peserta tersebut, dibuka dan dilepas langsung oleh KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), Penasihat dan Pembina DPU Daarut Tauhiid.

"Lelah juga berkeliling Daarut Tauhid. Tetapi Ramadan kan bulan spesial, jadi harus disambut dengan lingkungan yang bersih. Tidak apa-apa, lelahnya diobatin dengan tumpeng. Alhamdulillah," ujar salah seorang peserta. 

Acara semakin meriah dengan hiburan dari tim nasyid The Fikr, dan pembagian puluhan door prize. Ini membuat para peserta semakin antusias, hingga sebagian peserta terlihat berdesakkan ingin berada di depan panggung. Namun insya Allah, tidak mengurangi makna dari acara Tarhib Ramadan. Yaitu menyambut Ramadan dengan bersih diri, hati dan lingkungan. (Hafshah Nurul Afifah/2011) 


Sumber: http://www.dpu-online.com/news/detail/1603

Tidak ada komentar:

Posting Komentar