Rabu, 17 Juli 2013

Pelatihan Manajemen Pemberdayaan Masjid

www.dpu-online.com
Hasrat untuk membangun masjid hendaknya berbanding lurus dengan upaya memakmurkan masjid. Kenyatannya, saat ini pembangunan masjid secara fisik justru lebih marak dibanding upaya untuk memakmurkan masjid, baik di kota-kota besar maupun di desa.

Untuk itu, dalam upaya memakmurkan masjid, Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid mengadakan kegiatan Pelatihan Manajemen Pemberdayaan Masjid dalam Program Cinta Masjidku. Selasa (16/7).

Bertempat di Aula Kantor BAZ Kabupaten Bandung, kegiatan tersebut bekerja sama dengan Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW-DMI) Jawa Barat. Sebanyak 55 peserta yang hadir merupakan perwakilan utusan DKM dan DMI yang berada di wilayah Bandung.

Hadir pula Ustaz Fahrudin selaku ketua dewan Assatidz Daarut Tauhiid, sebagai salah seorang narasumber. Menurutnya, salah satu unsur penting dalam struktur masyarakat Islam adalah masjid. Selain sebagai tempat ibadah, pada jaman Rasulullah, masjid digunakan umat Islam untuk berbagai keperluan seperti di bidang pendidikan, kegiatan sosial, ekonomi, militer, bahkan pusat pemerintahan.

"Tujuan diadakannya pelatihan ini, untuk mengoptimalkan peran fungsi masjid selain tempat ibadah ritual juga sebagai pusat dakwah, sosial, pendidikan dan ekonomi umat untuk sarana perubahan umat ke arah lebih baik. Harapannya, peserta pelatihan menjadi paham cara memakmurkan masjid yang standar sebagai upaya peningkatan kualitas masjid," ujar Pepen, selaku penanggung jawab program. (Setiadi/2013) 


Sumber: http://www.dpu-online.com/news/detail/1764

Tidak ada komentar:

Posting Komentar