Jumat, 26 Juli 2013

Manfaat Komunikasi

www.dpu-online.com
Seni berkomunikasi adalah seni tingkat tinggi. Melalui komunikasi seseorang dapat mengubah keadaan dan melalui perantara bahasa seseorang dapat mengekspresikan diri. Sayang, kita banyak bicara tapi mengabaikan kualitas dari bahan pembicaraan. Padahal, bahasa yang baik akan terlahir dari perilaku yang baik, yang akan mendatangkan suasana yang baik.

Memilah-milah bahan pembicaraan menjadi faktor utama dalam berkomunikasi. Alangkah baiknya jika yang dijadikan topik pembicaraan itu hal yang penting. Penting disampaikan karena terkandung nilai manfaat. Yang menjadi patokan berbobot tidaknya bahan pembicaran, tergantung pada penting tidaknya pembicaraan, bermanfaat tidak bahan pembicaraan, benar tidak fakta yang ada, merugikan orang lain atau tidak, dan bisa dipertanggung jawabkan atau tidak? Hal lain berkaitan dengan lawan bicara. Terkadang kita sering mengabaikan lawan bicara. Maka tak ayal banyak orang yang dirugikan dan tak sedikit orang yang merasa tidak nyaman berada di dekat kita. 


Suasana baik akan terjalin dikala bahasa yang kita gunakan dapat menyejukkan, penuh dengan nilai manfaat, dan orang yang diajak bicara merasa aman dan nyaman. Kuncinya ada sikap kita memperlakukan lawan bicara. Rasulullah memberikan tauladan pada kita. Beliau betul-betul memiliki keterampilan sehingga kata-katanya tidak sia-sia, padat makna, punya kekuatan, bisa menggugah bahkan mengubah. Kenapa komunikasi Rasulullah terasa nikmat? Karena beliau senantiasa menghormati lawan bicaranya, sehingga ketika berkomunikasi dengannya seseorang akan merasakan dirinya diutamakan. 


Berkomunikasi adalah keterampilan. Untuk medapatkannya diperlukan latihan. Setiap ada kesempatan untuk berbicara di depan umum misalnya, jangan lewatkan untuk menyempatkannya. Seseorang akan mengetahui sejauh mana kemampuan berbicara di depan umum juga mengetahui dampak bagi orang lain, apakah membawa nilai perubahan ke arah yang lebih baik atau sebaliknya. Dalam teknisnya, tentu tidak akan lepas dari kritikan. Maka jangan menutup diri terhadap kritikan. Dan jaga jangan sampai merendahkan orang lain. Karena saya yakin tidak ada seorang pun yang ingin direndahkan. 


Semoga Allah yang Mahakuasa memberikan kita kemampuan untuk bisa mengajak saudara melalui komunikasi yang baik dan semoga membaguskan perilaku kita, sehingga kita dapat memberikan manfaat bagi yang lain. Amiin. 

Sumber: http://www.dpu-online.com/artikel/detail/1/567/Manfaat%20Komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar