Kamis, 18 Juli 2013

Klinik Bersalin Gratis: Melukis Senyum Ibu

www.dpu-online.com
Sebuah perjuangan yang tak main-main telah dilakukan oleh sosok yang satu ini. Ibu. Dialah yang paling berjasa dalam kehidupan ini. Melahirkan buah hatinya dengan susah payah. Berharap sang buah hati lahir selamat, sehat, dan kelak menjadi generasi penuh manfaat. Sungguh, sebuah kebahagiaan yang tiada tara ketika sang ibu melahirkan buah hatinya  ke dunia dengan selamat. Senyum pun terlukis di wajahnya.

Jika dibandingkan dengan negara Asia lainnya, angka kematian ibu melahirkan di Indonesia masih sangat tinggi. Yang lebih memprihatinkan adalah kematian ibu melahirkan dialami oleh masyarakat dhuafa. Mau tidak mau, ketiadaan biaya melahirkan mengusik kebahagiaan ibu baik sebelum maupun sesudah melahirkan. 

Karenanya, Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid bersinergi dengan Klinik Daarut Tauhiid. Membangun klinik bersalin dan pelayanan persalinan secara gratis bagi dhuafa. Klinik Bersalin Gratis yang akan dilaunchingkan April ini merupakan salah satu bentuk sinergi yang dibangun antara DPU Daarut Tauhiid dengan Klinik Daarut Tauhiid.

Sebelumnya, telah terjalin beberapa kerja sama yang melibatkan mustahik dalam berbagai pelayanan kesehatan secara Cuma-Cuma. Mulai dari pemeriksaan dan pengobatan gratis ke desa-desa yang sulit dijangkau, khitanan massal, pembuatan kartu sehat, dan persalinan di Klinik Bersalin Gratis.

Ibu hamil yang ingin mendapatkan pelayanan persalinan gratis diharuskan memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. Mengapa? Karena mengingat dana yang digunakan berasal dari zakat masyarakat. Dengan demikian, diperlukan beberapa tahap agar penerima manfaat klinik bersalin gratis adalah benar-benar yang berhak.

Untuk mendapatkan pelayanan tersebut, ibu hamil cukup mengajukan surat-surat keterangan dari RT, RW, dan aparat setempat yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak mampu. Setelah diajukan, akan ada tahap survey yang dilakukan DPU DT. Setelah sesuai dengan criteria yang telah ditetapkan, ibu hamil dipersilakan untuk mendaftarkan diri dan memulai menikmati pelayanan mulai dari pemeriksaan, persalinan, hingga perawatan pasca persalinan. DPU Daarut Tauhiid juga memberikan layanan ambulan gratis bagi ibu yang membutuhkan.

Diharapkan, melalui program sinergi antara DPU Daarut Tauhiid dengan klinik Daarut Tauhiid dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dhuafa. Khususnya bagi ibu yang akan melakukan persalinan. Tidak hanya menekan angka kematian ibu melahirkan, tapi juga meringankan beban keluarga yang tengah berbahagia atas kelahiran buah hatinya. Semoga anak yang dilahirkan selamat, sehat, dan penuh manfaat. Dan senyum ibu pun terlukis kembali di wajahnya. (Astri Rahmayanti, Majalah Swadaya Edisi April '11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar