Sabtu, 27 Juli 2013

Sanlat Liburan: Mencerdaskan, Menyenangkan

www.dpu-online.com
"Siapa di sini yang ingin jadi orang sukses? Siapa di sini yang ingin jadi orang hebat?" Tak ada satu orang pun yang tidak mengangkat tangannya. Riuh rendah tawa, tepuk tangan dan celoteh peserta sanlat liburan menggema di ruang utama Mesjid Al-Wafa Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Wafa, Kampung Ciherang, Kecamatan Banjaran. 

Dalam deretan peserta terlihat sosok yang selalu ceria dan antusias menyimak setiap materi. Namanya Ririn Sulistyaningsih. Siswa kelas VIII SMP Umi Kultsum Banjaran ini merupakan salah satu peserta sanlat liburan yang diadakan oleh Lembaga AmilZakat Nasional Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid DT. 

Bocah yang lahir 13 tahun lalu ini, dilahirkan dalam keluarga sederhana. Ibunya berprofesi sebagai pedagang. Tapi kondisi itu tidak menyurutkan semangatnya untuk terus bersekolah. 

Semangatnya tersebut tidak sia-sia. Ririn berhasil memperoleh beasiswa untuk sekolahnya. Ririn yakin dengan sekolah dan rajin belajar, ia dapat mencapai cita-citanya menjadi seorang guru. Sebuah cita-cita yang  mulia. Karena menurut Ririn, jika menjadi seorang guru ia bisa berkontribusi mencerdaskan bangsa. 

Meskipun sudah ditinggalkan oleh ayah tercinta ketika usianya dua tahun, Ririn tumbuh menjadi sosok yang ceria, selalu semangat, ramah, dan pintar. Karena sifatnya itu, ia memiliki banyak teman. 

Dengan senyum yang terus mengembang pada wajah anak kelima dari lima bersaudara ini, Ririn menceritakan saat akan mengikuti sanlat liburan. Tadinya ia merasa ragu meminta ijin pada ibunya. Takut tidak diberi ijin. Tapi, setelah mencoba ternyata ibunya mengijinkan bahkan memberikan Ririn pesan agar semangat dan sungguh-sungguh mengikuti sanlat. 

Perjalanan yang harus ditempuhnya lumayan jauh, sekitar satu jam untuk sampai ke lokasi sanlat liburan. Tapi itu tidak menjadi kendala baginya. Semangat untuk belajar terus ia perlihatkan. 

Semangat dan antusiasnya dalam mengikuti sanlat pun membuahkan hasil. Ririn memperoleh predikat sebagai peserta terbaik sanlat liburan. Namun, itu tidak membuatnya tinggi hati. Justru membuatnya bertekad menjadi lebih baik dari sebelumnya.  

Sanlat liburan ini diadakan selama dua hari, yaitu Rabu (13/7) dan Kamis (14/7), diikuti sebanyak 130 peserta siswa SD dan SMP se-kecamatan Banjaran, Bandung . Tujuannya untuk mencetak generasi yang berimtak dan berimtek. Termasuk juga mengisi liburan sekaligus menyambut bulan suci Ramadan 1432 H. 

Hari pertama, diisi berbagai materi motivasi, lalu diakhiri dengan qiyamul lail bersama. Hari kedua, full outdoor(kegiatan luar ruangan), yaitu diisi dengan berbagai simulasi dan diakhiri dengan pembagian hadiah serta door prize bagi untuk para peserta. Sebelumnya kegiatan serupa diadakan di Kecamatan Tanjung Medar, Sumedang, Ahad (26/6) hingga Senin (27/6). (Neni Nur Fauziah/2011)


Sumber: http://www.dpu-online.com/news/detail/1594

Tidak ada komentar:

Posting Komentar