Selasa, 25 Juni 2013

Salam: "Program Pemberdayaan untuk Muslimah"

Dompet Peduli Ummat (DPU) Daarut Tauhiid dengan program yang ada, tetap berkonsentrasi di menuju kemandirian masyarakat. Artinya kemandirian masyarakat ini menjadi fokus DPU Daarut Tauhiid dalam melaksanakan pembuatan program-program yang dapat dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya untuk para kaum akhwat atau muslimah.

Program ini tidak ada diskriminasi apakah itu laki-laki atau perempuan. Artinya ketika program itu sesuai dengan unsur syariah atau pun sesuai dengan sisi-sisi syar’i yang memperbolehkan seseorang atau masyarakat menerima manfaat dari program-program DPU, maka masyarakat menjadi akses bagi pelaksanaan program tersebut.

Adapun program khusus bagi kaum muslimah, DPU sendiri melaksanakan program pelatihan Baby Sitter Mitra Ibu. Program ini menjadi khusus dan menarik ketika di gulirkan oleh DPU Daarut Tauhiid. Karena program Baby Sitter Mitra Ibu merupakan sesuatu yang penting dalam hal pemberdayaan muslimah atau akhwat. Yaitu sangat menjunjung tinggi nilai-nilai dari seorang muslimah. Dibina dan dididik oleh pelatih-pelatih atau pembina-pembina yang sudah terlatih untuk menjadikan seorang muslimah bisa berkarya di tengah-tengah masyarakat.

Dengan program Baby Sitter Mitra Ibu ini, mudah-mudahan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat khususnya keluarga kecil atau yang memiliki anak-anak balita dan kedua orang tuanya bekerja. Mereka membutuhkan sesuatu yang sifatnya sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan anak-anak mereka.

Artinya ketika mereka bekerja, otomatis anak-anaknya tinggal dirumah, sehingga di rumah harus ada yang menjaga. Maka biasanya ibu-bu muda ini memilih untuk menggunakan jasa baby sitter untuk menjaga anak-anak mereka. Oleh karenanya, DPU menjadi sangat konsen untuk bisa membantu keluarga kecil atau keluarga muda agar bisa menjadikan anak-anaknya sesuai dengan harapan orang tuanya walaupun mereka ditinggal bekerja.

Mudah-mudahan baby sitter setelah kita bina, biasanya antara tiga sampai empat bulan pelatihan, kemudian mereka diberikan pendidikan dari segi skill dan ilmu agamanya, pembiasaan-pembiasaan yang sifatnya akidah atau pun pendidikan dasar Islam. Tujuannya adalah agar memberikan manfaat kepada anak didik yang nanti akan dididik. Supaya memiliki bekal yang nantinya dapat disalurkan dan bermanfaat bagi anak didik atau anak asuhnya.

Oleh karenanya, kita tidak sembarangan dalam menggulirkan program ini untuk masyarakat. Tetapi, kita sangat perhatian dan ingin sekali memberdayakan kaum muslimah dengan adanya program Baby Sitter Mitra Ibu. Mudah-mudahan program-program yang digulirkan khususnya untuk muslimaht, bisa menjadi awal dari mereka bisa mandiri tanpa harus bergantung. Artinya, ketika dia punya kecakapan atau skill dalam hal baby sitter kemudian sisi ruhiyahnya juga diperkuat dengan ilmu-ilmu keagamaan dapat menjadikannya lebih bermanfaat. (H. Asep Hikmat, Direktur DPU Daarut Tauhiid) 


Sumber : www.dpu-online.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar