Kamis, 04 Juli 2013

Salam: "Jelang Ramadan dengan Zakat Mandiri"

Ramadan merupakan momen bagi masyarakat muslim untuk berlomba-lomba meningkatkan ibadahnya dari sisi kuantitas maupun kualitas. Pada bulan Ramadan, salah satu ibadah yang biasa dilakukan adalah membayar zakat, infak, dan sedekah.

Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid (DPU DT) sebagai lembaga amil zakat nasional tentu saja menjadi tugas utama untuk dapat menggali dan menghimpun potensi masyarakat tersebut. Yaitu dana zakat, infak, dan sedekah yang dilaksanakan menjelang dan selama Ramadan.

Program yang akan digulirkan di bulan menjelang dan selama Ramadan, bertemakan "Zakat untuk Kemandirian Sesama" (Zakat Mandiri). Apa yang dimaksud dengan Zakat Mandiri? DPU sebagai lembaga amil zakat memiliki cita-cita dan misi yaitu mengantarkan masyarakat menuju kemandirian. Bagaimana cara mengantarkannya? Tentu saja DPU mempunyai beberapa program. Program inilah yang insya Allah mengantarkan masyarakat atau penerima program menjadi mandiri.

Ada beberapa program yang dimiliki DPU. Yaitu dalam bidang ekonomi, ada yang namanya Microfinance Syariah Berbasis Masyarakat (Misykat) bagi ibu-ibu rumah tangga yang mempunyai usaha kecil menengah, Desa Ternak Mandiri (DTM) untuk pemberdayaan para peternak, pelatihan-pelatihan dengan penyaluran untuk bekerja setelahnya, yaitu pelatihan Baby Sitter, Cleaning Service, dan berbagai pelatihan menuju kemandirian lainnya. Ada pun menjelang bulan Ramadan, akan diawali dengan event Zakat Mandiri. Event akbar ini akan menghadirkan saudara-saudara kita yang selama ini dibina melalui program-program kemandirian DPU DT. Diperkirakan sekitar 1.300 hingga 1.500 penerima program akan bersilaturahim mengikuti event ini.

Selain bersilaturahim dengan penerima program, DPU DT juga akan mengundang donatur atau muzaki. Ini merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada donatur yang telah menitipkan dan mempercayakannya harta mereka kepada DPU. Mudah-mudahan dengan diawali event Zakat Mandiri, akan semakin jelas arahan dan tujuan DPU DT di tahun 2010, khususnya menjelang dan selama Ramadan 1431 H.

Setelah event Zakat Mandiri dibuka, di bulan Ramadan ini ada beberapa program yang sifatnya nasional. Serentak dilaksanakan di enam provinsi, delapan cabang dan unit DPU DT. Program-program tersebut adalah Bersahabat, Tebar Paket Ramadan, dan Pedagang Berdikari. Ketiga program ini sudah lazim dilakukan selama Ramadan di tahun-tahun sebelumnya. Diharapkan melalui ketiga program tersebut, semakin meningkatkan kepedulian bagi saudara-saudara kita yang mempunyai hak atas dana zakat. Terlebih di hari-hari penuh berkah, Ramadan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar